Woocommerce Menu

Pengertian Integrasi Nasional Menurut Ahli dan Contohnya

Integrasi Nasional merupakan upaya mempersatukan berbagai macam perbedaan dalam kelompok budaya ataupun kelompok sosial yang berada dalam sebuah wilayah agar membentuk sebuah kesatuan yang harmonis. Wilayah yang dimaksud dalam kata nasional adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Pengertian integrasi nasionaljuga bisa dipahami sebagai keinginan dan kesadaran bersatu sebagai sebuah bangsa yaitu bangsa Indonesia.

Integrasi bangsa ini juga dapat dilihat dari sudut pandang politis maupun antropologis, dimana;

secara politis dianggap sebagai proses penyatuan banyak kelompok budaya maupun sosial dalam kesatuan wilayah yang lantas membentuk identitas nasional, dan secara antropologis dilihat sebagai proses penyesuaian dari bermacam unsur kebudayaan yang berlainan sehingga tercipta keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kalangan ahli juga memberikan penjelasan mereka terkait integrasi nasional ini, diantaranya

Dr. Nazaruddin Sjamsuddin yang menjelaskan pengertianintegrasi nasional sebagai proses penyatuan sebuah bangsa mencakup segala aspek kehidupannya (sosial, politik, ekonomidan budaya).

  1. Soedjati Djiwandono yang mengartikanintegrasi nasional sebagai cara menjaga persatuan nasional dalam arti luas dengan damai melalui hak menentukan nasib sendiri-sendiri.

Myron Weiner, menjelaskan integrasi bangsa adalah proses penyatuan berbagai kelompok budaya maupun sosial dalam sebuah kesatuan wilayah untuk membentuk identitas nasional.

Howard Wriggins yang menjabarkan integrasi bangsa sebagai proses memadukan banyak masyarakat yang jumlahnya lebih kecil menjadi satu kesatuan bangsa dan lebih besar.

Contoh Integrasi Nasional

Ada beberapa contoh dari pelaksanaan integrasi nasional di Indonesia, antara lain;

  • Pemerintah membangun TMII (Taman Mini Indonesia Indah ) di tahun 1976 yang mengoleksi berbagai rumah adat serta beraneka macam budaya yang ada di seluruh provinsi Indonesia.
  • Sikap saling menghargai dan toleransi antar umat beragama.
  • Rasa menghargai, memiliki dan melestarikan kebudayaan dari daerah lain yang berbeda-beda.

Dapat disimpulkan bahwa integrasi nasional dalam bangsa indonesia dapat dikatakan sebagai keinginan dan kesadaran bersatu sebagai sebuah bangsa, secara resmi, dan direalisasikan dalam konsensus nasional yaitu Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Hal tersebut juga senantiasa dijaga leh masyarakat Indonesia hingga saat ini.