Woocommerce Menu

Ketahui Perubahan Tubuh sebagai Ciri Ciri Mau Melahirkan

Sebagaimana para calon orang tua yang akan dengan senang hati mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk proses persalinan, maka tubuh Anda pun juga berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan tugasnya. Beberapa perubahan pun tampak pada tubuh Anda sebagai salah satu atau beberapa ciri ciri mau melahirkan yang terjadi. Apa saja perubahnnya?

  1. Serviks Membuka

Saat kelahiran tinggal menghitung minggu atau bahkan hari, maka leher rahim atau yang biasa disebut dengan serviks akan mempersiapkan dirinya sendiri dengan cara mengembang atau menipis. Pada saat pemeriksaan mingguan, Anda bisa meminta bidan atau dokter pribadi Anda untuk mengukurnya melalui tes internal.  

  • Kepala Bayi Menurun

Pada minggu-minggu terakhir masa kehamilan, pada umumnya bayi akan turun dengan sendirinya untuk menyesuaikan diri menuju jalan keluarnya kelak. Bila hal ini terjadi, maka rongga diafragma Anda akan terasa lebih longgar dan bernafas pun menjadi lebih mudah.

Namun di beberapa kasus, kepala bayi tidak kunjung menurun dan akhirnya terpaksa dilakukan operasi caesar. Untuk menghindari kejadian yang sama, maka ibu hamil dianjurkan untuk banyak bergerak seperti melakukan jalan kaki, senam ibu hamil serta kegiatan ringan lainnya.

  • Kram Perut

Kram perut yang melanda wanita hamil memang sudah dialami sejak usia kandungan memasuki trimester kedua. Akan tetapi intensitas rasa sakit yang dirasakan akan semakin parah saat usia kandungan memasuki trimester ketiga. Hal ini terjadi karena perubahan posisi rahim untuk mengikuti gerak bayi menuju area bawah.

Perubahan tersebut menyebabkan kontraksi yang kemudian memicu kram pada perut Anda. kram yang Anda rasakan akan hilang timbul sesuai dengan gerakan sang bayi. Saat rasa sakit ini muncul Anda dianjurkan untuk tidur terlentang. Apabila kram berada di sisi kiri maka Anda berbaring menghadap sisi kanan, begitupun sebaliknya. 

  • Keluar lendir Berwarna

Ketika leher rahim mulai mengembang atau membuka, maka lendir yang bertugas melindungi serviks dari infeksi selama masa kehamilan pun perlahan-lahan akan meluruh. Lendir ini bisa bertekstur encer atau pekat dengan bentuk menyerupai jelly dan berwarna coklat atau merah muda.

Lendir pelindung ini bisa terlepas mulai dari dua minggu hingga beberapa hari sebelum persalinan. Ciri-ciri mau melahirkan yang satu ini umumnya dialami oleh ibu hamil dalam beberapa hari menjelang proses persalinan berlangsung. Namun pada beberapa kasus lendir akan luruh bersamaan dengan pecahnya air ketuban. 

  • Air Ketuban Pecah

Pertanda yang umum diketahui oleh masyarakat akibat informasi yang sering ditampilkan di layar kaca ini bukan merupakan satu-satunya tanda besar akan terjadinya proses kelahiran. Bahkan pecahnya ketuban ini bisa jadi hanya beberapa tetes saja dan Anda bisa menggunakan pembalut untuk membuat daerah intim Anda tetap kering.

Perubahan tubuh yang terjadi antara satu wanita dan wanita lainnya sangat mungkin berbeda. Hal tersebut bergantung pada kondisi tubuh, iklim, serta asupan gizi yang dikonsumsi semalam masa kehamilan. Dengan begitu, Anda bisa saja mengalami beberapa atau bahkan seluruh ciri-ciri mau melahirkan yang telah dipaparkan di atas.